Laporan OJT Bab I


buat yang pada bingung bikin laporan Ojete......

ayo anak Wearnes semangat bikin tugas akhir ya...



bikin laporan ini gampang-gampang susah. bisa juga tinggal jiplak di perpus wearnes tp di syaratin pake daftar pustaka, padahal waktuku dikit banget buat ngerjain laporan karena aku kuliah sambil kerja di CV. Aneka Grafika. hhmmm......jadi ambil OJT nya langsung deh di kantor sendiri. dan beruntungnya tempat kerjaku berhubungan dengan desain. perusahaan percetakan. langsung deh ambil sedikit ilmu di kantor.. walaupun jabatanku bukan  desainer grafis di perusahaan itu.


dan akhirnya....




kepikiran buat judulnya ni.....




PERANCANGAN KEMASAN DUS KUE DEA BAKERY MENGGUNAKAN CORELDRAW X5 PADA CV. ANEKA GRAFIKA MALANG


BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang Masalah
Dalam era globalisasi seperti sekarang ini dimana situasi persaingan dalam pasar semakin tajam, “estetika” dapat berfungsi sebagai “perangkap emosional” yang sangat ampuh untuk menarik perhatian konsumen. Pertarungan produk tidak lagi terbatas pada keunggulan kualitas atau teknologi canggih saja, tetapi juga pada usaha untuk mendapatkan nilai tambah kepuasan konsumen.
Salah satu usaha yang dapat ditempuh menghadapi persaingan perdagangan yang semakin tajam adalah melalui desain kemasan. Daya tarik suatu produk tidak terlepas dari kemasannya. Kemasan harus dapat mempengaruhi konsumen untuk memberi respon positif, dalam hal ini adalah membeli produk.
Kemasan adalah salah satu bidang dalam Desain Komunikasi Visual yang mempunyai banyak tuntutan khusus karena fungsinya yang langsung berhadapan dengan konsumen, antara lain tuntutan teknis, kreatif, komunikatif dan pemasaran yang harus diwujudkan ke dalam bahasa visual.
Kemasan dapat didefinisikan sebagai seluruh kegiatan merancang dan memproduksi wadah atau bungkus suatu produk. Kemasan meliputi tiga hal, yaitu merek kemasan itu sendiri dan label. Kemasan juga dapat mengurangi kemungkinan kerusakan barang dan kemudahan dalam pengiriman.
Pada masa sekarang ini, kemasan sudah berfungsi sebagai media komunikasi serta mengkomunikasikaan citra suatu produk dan perusahaan produksinya. Keberhasilan penjualan tergantung pada citra yang diciptakan oleh kemasan tersebut. Penampilan dibuat sedemikian rupa agar konsumen dapat memberikan reaksi spontan, baik secara sadar maupun tidak sadar.
Melihat pentingnya peranan desain komunikasi visual bagi masyarakat dan citra suatu produk, dari segi konsep, visualisasi ataupun segi kualitas gambar dan warna, perusahaan memiliki cara tersendiri untuk menampilkan desain berkualitas, dan keindahan bentuk kemasan yang akan menonjolkan kualitas produk tersebut.
CV. Aneka Grafika adalah salah satu perusahan terbesar yang bergerak dibidang Printing and Packaging General Supplier di kota Malang. Perusahaan ini melayani jasa Proof artwork desain, cetak offset skala besar salah satunya kemasan produk dari perusahaan yang sudah memiliki citra di masyarakat.
Dalam perancangan desain komunikasi visual berbentuk kemasan, yang harus diperhatikan antara lain: warna, bentuk, bahan, merek, ilustrasi, huruf, tata letak yang merupakan unsur visual yang mempunyai peranan terbesar dalam proses penyampaian pesan.
Kunci utama untuk membuat sebuah desain kemasan yang baik dan benar adalah kemasan tersebut harus simple (sederhana), fungsional, menciptakan respon positif, memiliki daya tarik visual (estetika) dan daya tarik praktis (fungsional).
Dalam hal ini penulis bertindak sebagai desainer komunikasi visual yang berperan aktif untuk menyampaikan pesan kepada publik, selain itu penulis harus tetap menjaga kualitas desain yang sudah menjadi simbol pada produk yang dikemas, baik warna, logo dan bentuk jadinya.
Berdasarkan uraian tersebut, maka dalam penulisan laporan On the Job Training ini penulis mengangkat judul “ Perancangan Kemasan Dus Kue Dea Bakery Menggunakan Corel Draw X5 Pada CV. Aneka Grafika Malang”.
B.            Rumusan Masalah
Dari uraian yang terdapat pada latar belakang permasalahan, maka dapat dirumuskan adalah : “ Bagaimana Perancangan kemasan Kue Dea Bakery  Menggunakan Corel X5 pada CV. Aneka Grafika Malang”.
C.           Tujuan On the Job training dan Penulisan Laporan
1.    Tujuan On The Job Training ( OJT )
a.       Bagi Mahasiswa
1)        Untuk memenuhi persyaratan kelulusan
2)           Penerapan program mata kuliah desain grafis dan disiplin ilmu yang diterima mahasiswa di kampus dan diterapkan langsung pada perusahaan.
3)           Sebagai bekal agar dapat mengembangkan diri dan menyalurkan ilmu desain grafis dalam menghadapi situasi kerja yang sebenarnya.
b.      Bagi Lembaga
1)             Mengetahui sejauh mana ilmu yang didapat mahasiswa selama kuliah di Wearnes Education Center sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Profesi Satu tahun yang memiliki standart Internasional  dan menerapkannya di dunia usaha.
2)             Membangun kerjasama yang baik dengan perusahaan serta melihat kesesuaian antara program yang diajarkan dengan penempatan di dunia kerja.
3)             Menciptakan komunikasi yang baik antara lembaga dengan perusahaan.
c.       Bagi Perusahaan
1)             Membangun relasi dengan pihak lembaga secara tidak langsung.
2)             Sebagai tolak ukur keahlian yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.
3)      Untuk mengetahui ilmu desain yang diajarkan di Wearnes Education Center.
2.    Tujuan Penulisan Laporan
Tujuan penulisan laporan ini adalah untuk mengetahui perancangan kemasan produk selain sebagai wadah juga sebagai media promosi untuk menonjolkan daya tarik produk Dea Bakery menggunakan Corel Draw X5 pada CV. Aneka Grafika Malang.
D.           Kegunaan On the Job Training dan Penulisan laporan
1.        Tujuan On the Job Training (OJT)
a.       Bagi Mahasiswa
1)      Mengetahui situasi secara langsung permasalahan dan solusinya.
2)      Dapat menerapkan teori-teori yang telah diterima selama masa perkuliahan di Wearnes Education Center sehingga kelak dapat menghasilkan suatu karya yang memiliki nilai jual.
3)      Melatih diri dan kedisiplinan mahasiswa dalam meghadapi persaingan dunia kerja.
4)      Menambah wawasan serta pengalaman di dunia kerja yang sesungguhnya.
5)      Dapat memperoleh pengetahuan yang berkualitas mengenai fungsi dan arti konsep desain komunikasi visual pada perancangan sebenarnya.
b.      Bagi Lembaga
1)      Untuk mengetahui sejauh mana ilmu yang diperoleh oleh mahasiswa yang dapat diaplikaasikan dalam dunia kerja.
2)      Membangun relasi dan melihat kesesuaian antara program pembelajaran yang diajarkan dengan penerapan di dunia kerja.
3)      Sebagai tolak ukur kualitas mahasiswa dalam pemahaman materi baik secara teori maupun praktek.
c.       Bagi Perusahaan
1)      Membangun relasi secara tidak langsung dengan lembaga.
2)      Dapat membantu proses pengerjaan desain komunikasi visual dalam perusahaan yang bersangkutan.
3)      Memprioritaskan mahasiswa magang agar dapat direkrut kerja
2.        Kegunaan Penulisan Laporan
Kegunaan penulisan laporan ini adalah untuk memenuhi persyaratan kelulusan, dan juga mahasiswa mengetahui perancangan desain komunikasi visual berupa kemasan produk pada CV. Aneka Grafika.
E.            Ruang Lingkup Penulisan
Untuk tercapainya kesesuaian visi dan misi antara penulis dengan pembaca, maka ruang lingkup pembahasan dalam laporan On The Job Training yang Berjudul “Perancangan Kemasan Dus kue Dea Bakery  menggunakan Corel Draw X5 pada CV. Aneka Grafika Malang”, penulis membatasi ruang lingkup pembahasan  laporan pada tahap interpretasi brief, sketsa, penetapan konsep dan tahap pengolahan dengan menggunakan Corel Draw X5 dan Final Artwork.


F.            Jenis dan Sumber Data
1.        Jenis Data
Jenis data yang digunakan dalam penyajian laporan On the Job Training ini adalah data deskriptif, yaitu penyajian data dalam bentuk analisa tidak menggunakan uji statistik, tetapi menggunakan jenis data kualitatif.
2.        Sumber Data
a.    Data Premier
Sumber data premier yaitu data yang secara langsung diperoleh dari hasil wawancara dan observasi penulis pada pihak yang langsung berkaitan dengan penulis. Contoh : data yang berhubungan dengan sejarah perusahaan.
b.    Data Sekunder
Sumber data sekunder adalah data yang secara tidak langsung berkaitan dengan objek penulis tetapi memiliki keterkaitan dengan tema penulis. Sumber data sekunder yang dipergunakan oleh penulis diperoleh dari kajian buku-buku dan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penulisan.
G.           Teknik Pengumpulan Data
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah sebagai berikut :


1.        Teknik Observasi
Teknik Observasi adalah teknik pengumpulan data dimana penulis melakukan pengamatan secara langsung di tempat dilaksanankanya On The Job Training.
2.        Teknik Wawancara
Teknik wawancara dilaksanakan dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan objek yang sendang diamati secara langsung kepasa pihak yang bersangkutan untuk mendapat keterangan tentang hal-hal yang sedang diteliti atau dikerjakan, sehingga diperoleh data yang benar dan dapat dipercaya.
3.        Dokumentasi
Dalam hal ini penulis menggunakan beberapa dokumen perusahaan dalam bentuk file untuk mengerjakan pekerjaan.
4.        Studi Pustaka
Teknik pengumpulan data dengan cara mengutip dan mengambil penjelasan istilah-istilah dari buku referensi yang berkaitan dengan proses penulisan dan pembantu dalam menyelesaikan penulisan laporan.

No comments:

Post a Comment