buat yang pada bingung bikin laporan Ojete......
ayo anak Wearnes semangat bikin tugas akhir ya...
bikin laporan ini gampang-gampang susah. bisa juga tinggal jiplak di perpus wearnes tp di syaratin pake daftar pustaka, padahal waktuku dikit banget buat ngerjain laporan karena aku kuliah sambil kerja di CV. Aneka Grafika. hhmmm......jadi ambil OJT nya langsung deh di kantor sendiri. dan beruntungnya tempat kerjaku berhubungan dengan desain. perusahaan percetakan. langsung deh ambil sedikit ilmu di kantor.. walaupun jabatanku bukan desainer grafis di perusahaan itu.
dan akhirnya....
kepikiran buat judulnya ni.....
PERANCANGAN KEMASAN DUS KUE DEA BAKERY MENGGUNAKAN CORELDRAW X5 PADA CV. ANEKA GRAFIKA MALANG
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Dalam era globalisasi seperti sekarang ini dimana
situasi persaingan dalam pasar semakin tajam, “estetika” dapat berfungsi
sebagai “perangkap emosional” yang sangat ampuh untuk menarik perhatian
konsumen. Pertarungan produk tidak lagi terbatas pada keunggulan kualitas atau
teknologi canggih saja, tetapi juga pada usaha untuk mendapatkan nilai tambah
kepuasan konsumen.
Salah satu usaha yang dapat ditempuh menghadapi
persaingan perdagangan yang semakin tajam adalah melalui desain kemasan. Daya
tarik suatu produk tidak terlepas dari kemasannya. Kemasan harus dapat
mempengaruhi konsumen untuk memberi respon positif, dalam hal ini adalah
membeli produk.
Kemasan adalah salah satu bidang dalam Desain
Komunikasi Visual yang mempunyai banyak tuntutan khusus karena fungsinya yang
langsung berhadapan dengan konsumen, antara lain tuntutan teknis, kreatif,
komunikatif dan pemasaran yang harus diwujudkan ke dalam bahasa visual.
Kemasan dapat didefinisikan sebagai seluruh kegiatan
merancang dan memproduksi wadah atau bungkus suatu produk. Kemasan meliputi
tiga hal, yaitu merek kemasan itu sendiri dan label. Kemasan juga dapat
mengurangi kemungkinan kerusakan barang dan kemudahan dalam pengiriman.
Pada masa sekarang ini, kemasan sudah berfungsi
sebagai media komunikasi serta mengkomunikasikaan citra suatu produk dan
perusahaan produksinya. Keberhasilan penjualan tergantung pada citra yang
diciptakan oleh kemasan tersebut. Penampilan dibuat sedemikian rupa agar
konsumen dapat memberikan reaksi spontan, baik secara sadar maupun tidak sadar.
Melihat pentingnya peranan desain
komunikasi visual bagi masyarakat dan citra suatu produk, dari segi konsep,
visualisasi ataupun segi kualitas gambar dan warna, perusahaan memiliki cara
tersendiri untuk menampilkan desain berkualitas, dan keindahan bentuk kemasan
yang akan menonjolkan kualitas produk tersebut.
CV. Aneka Grafika adalah salah satu perusahan
terbesar yang bergerak dibidang Printing
and Packaging General Supplier di kota Malang. Perusahaan ini melayani jasa
Proof artwork desain, cetak offset skala besar salah satunya kemasan produk
dari perusahaan yang sudah memiliki citra di masyarakat.
Dalam perancangan desain komunikasi visual berbentuk
kemasan, yang harus diperhatikan antara lain: warna, bentuk, bahan, merek,
ilustrasi, huruf, tata letak yang merupakan unsur visual yang mempunyai peranan
terbesar dalam proses penyampaian pesan.
Kunci utama untuk membuat sebuah desain kemasan yang
baik dan benar adalah kemasan tersebut harus simple (sederhana), fungsional,
menciptakan respon positif, memiliki daya tarik visual (estetika) dan daya
tarik praktis (fungsional).
Dalam hal ini penulis bertindak
sebagai desainer komunikasi visual yang berperan aktif untuk menyampaikan pesan
kepada publik, selain itu penulis harus tetap menjaga kualitas desain yang
sudah menjadi simbol pada produk yang dikemas, baik warna, logo dan bentuk
jadinya.
Berdasarkan uraian tersebut, maka dalam penulisan
laporan On the Job Training ini
penulis mengangkat judul “ Perancangan Kemasan
Dus Kue Dea Bakery Menggunakan Corel Draw X5 Pada CV. Aneka Grafika Malang”.
B.
Rumusan
Masalah
Dari uraian yang terdapat pada latar belakang
permasalahan, maka dapat dirumuskan adalah : “ Bagaimana Perancangan kemasan Kue
Dea Bakery Menggunakan Corel X5 pada CV.
Aneka Grafika Malang”.
C.
Tujuan
On the Job training dan Penulisan Laporan
1.
Tujuan On The Job Training ( OJT )
a.
Bagi Mahasiswa
1)
Untuk memenuhi persyaratan kelulusan
2)
Penerapan program mata kuliah desain grafis
dan disiplin ilmu yang diterima mahasiswa di kampus dan diterapkan langsung
pada perusahaan.
3)
Sebagai bekal agar dapat mengembangkan
diri dan menyalurkan ilmu desain grafis dalam menghadapi situasi kerja yang
sebenarnya.
b.
Bagi Lembaga
1)
Mengetahui sejauh mana ilmu yang didapat
mahasiswa selama kuliah di Wearnes Education Center sebagai salah satu Lembaga
Pendidikan Profesi Satu tahun yang memiliki standart Internasional dan menerapkannya di dunia usaha.
2)
Membangun kerjasama yang baik dengan perusahaan
serta melihat kesesuaian antara program yang diajarkan dengan penempatan di
dunia kerja.
3)
Menciptakan komunikasi yang baik antara
lembaga dengan perusahaan.
c.
Bagi Perusahaan
1)
Membangun relasi dengan pihak lembaga
secara tidak langsung.
2)
Sebagai tolak ukur keahlian yang
dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.
3)
Untuk mengetahui ilmu desain yang
diajarkan di Wearnes Education Center.
2.
Tujuan Penulisan Laporan
Tujuan penulisan laporan ini adalah untuk mengetahui
perancangan kemasan produk selain sebagai wadah juga sebagai media promosi
untuk menonjolkan daya tarik produk Dea Bakery menggunakan Corel Draw X5 pada
CV. Aneka Grafika Malang.
D.
Kegunaan
On the Job Training dan Penulisan laporan
1.
Tujuan On the Job Training (OJT)
a.
Bagi Mahasiswa
1)
Mengetahui situasi secara langsung
permasalahan dan solusinya.
2)
Dapat menerapkan teori-teori yang telah
diterima selama masa perkuliahan di Wearnes Education Center sehingga kelak
dapat menghasilkan suatu karya yang memiliki nilai jual.
3)
Melatih diri dan kedisiplinan mahasiswa
dalam meghadapi persaingan dunia kerja.
4)
Menambah wawasan serta pengalaman di
dunia kerja yang sesungguhnya.
5)
Dapat memperoleh pengetahuan yang
berkualitas mengenai fungsi dan arti konsep desain komunikasi visual pada
perancangan sebenarnya.
b.
Bagi Lembaga
1)
Untuk mengetahui sejauh mana ilmu yang
diperoleh oleh mahasiswa yang dapat diaplikaasikan dalam dunia kerja.
2)
Membangun relasi dan melihat kesesuaian
antara program pembelajaran yang diajarkan dengan penerapan di dunia kerja.
3)
Sebagai tolak ukur kualitas mahasiswa
dalam pemahaman materi baik secara teori maupun praktek.
c.
Bagi Perusahaan
1)
Membangun relasi secara tidak langsung
dengan lembaga.
2)
Dapat membantu proses pengerjaan desain
komunikasi visual dalam perusahaan yang bersangkutan.
3)
Memprioritaskan mahasiswa magang agar
dapat direkrut kerja
2.
Kegunaan Penulisan Laporan
Kegunaan penulisan laporan ini adalah untuk memenuhi
persyaratan kelulusan, dan juga mahasiswa mengetahui perancangan desain
komunikasi visual berupa kemasan produk pada CV. Aneka Grafika.
E.
Ruang
Lingkup Penulisan
Untuk tercapainya kesesuaian visi dan misi antara
penulis dengan pembaca, maka ruang lingkup pembahasan dalam laporan On The Job Training yang Berjudul
“Perancangan Kemasan Dus kue Dea Bakery menggunakan Corel Draw X5 pada CV. Aneka
Grafika Malang”, penulis membatasi ruang lingkup pembahasan laporan pada tahap interpretasi brief, sketsa,
penetapan konsep dan tahap pengolahan dengan menggunakan Corel Draw X5 dan
Final Artwork.
F.
Jenis
dan Sumber Data
1.
Jenis Data
Jenis
data yang digunakan dalam penyajian laporan On
the Job Training ini adalah data deskriptif, yaitu penyajian data dalam
bentuk analisa tidak menggunakan uji statistik, tetapi menggunakan jenis data
kualitatif.
2.
Sumber Data
a.
Data Premier
Sumber data premier yaitu data yang secara langsung
diperoleh dari hasil wawancara dan observasi penulis pada pihak yang langsung
berkaitan dengan penulis. Contoh : data yang berhubungan dengan sejarah
perusahaan.
b.
Data Sekunder
Sumber data sekunder adalah data yang secara tidak
langsung berkaitan dengan objek penulis tetapi memiliki keterkaitan dengan tema
penulis. Sumber data sekunder yang dipergunakan oleh penulis diperoleh dari
kajian buku-buku dan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penulisan.
G.
Teknik
Pengumpulan Data
Adapun
teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah sebagai berikut :
1.
Teknik Observasi
Teknik
Observasi adalah teknik pengumpulan data dimana penulis melakukan pengamatan
secara langsung di tempat dilaksanankanya On
The Job Training.
2.
Teknik Wawancara
Teknik
wawancara dilaksanakan dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan
dengan objek yang sendang diamati secara langsung kepasa pihak yang
bersangkutan untuk mendapat keterangan tentang hal-hal yang sedang diteliti
atau dikerjakan, sehingga diperoleh data yang benar dan dapat dipercaya.
3.
Dokumentasi
Dalam hal ini penulis menggunakan beberapa dokumen
perusahaan dalam bentuk file untuk mengerjakan pekerjaan.
4.
Studi Pustaka
Teknik
pengumpulan data dengan cara mengutip dan mengambil penjelasan istilah-istilah
dari buku referensi yang berkaitan dengan proses penulisan dan pembantu dalam menyelesaikan
penulisan laporan.
No comments:
Post a Comment